speaker

Investor Relations

SMM SERAHKAN PREMI MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN KE PETANI MITRA MELALUI LIMA KOPERASI DI BELITUNG TIMUR

18 Apr 2023

 

Belitung Timur – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), kembali membagikan premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan kepada petani kemitraan melalui lima koperasi dengan jumlah total senilai Rp 340.769.162. Pembagian premi sawit diberikan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing koperasi di ANJ Learning Center, Kabupaten Belitung Timur pada 12 April 2023 yang lalu.

Kelima koperasi mitra yang menerima premi meliputi Koperasi Mitra Lestari, Koperasi Sambar Jaya Makmur, Koperasi Mitra Anugrah, Koperasi Berhimpun Sejahtera dan Koperasi Lindong Raya yang menaungi lebih dari 382 petani dengan total luas lahan 564,18 ha. Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai premi yang dibagikan tahun ini meningkat hingga 116%, dengan nilai sebelumnya, yaitu Rp 157.281.349. Adapun, peningkatan pemberian premi adalah berkat meningkatkatnya nilai penjualan minyak sawit yang tersertifikasi RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil).  

Juli Wankara Purba, Direktur Utama SMM, saat membuka acara menyampaikan bahwa acara tahunan pemberian premi minyak sawit berkelanjutan merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada para petani yang telah mengimplementasikan pengelolaan dan praktik perkebunan berkelanjutan melalui skema sertifikasi RSPO.

"Kami berharap dengan sertifikasi RSPO yang dimiliki dapat membuktikan bahwa praktik dan tata kelola perkebunan yang berkelanjutan telah berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan, sehingga seluruh koperasi mitra dapat menerima premi minyak sawit berkelanjutan pada tahun yang akan datang. Selain itu, sampai saat ini ketelusuran TBS luar kami di SMM telah mencapai 100%, artinya seluruh sumber TBS telah teridentifikasi sumbernya dari mana hal ini merupakan, target dari ANJ untuk mencapai lebih dari 99% ketelusuran TBS dari pihak ketiga di seluruh Grup ANJ pada akhir 2025," tambah Juli.

     

Pada kesempatan yang sama, Geetha Govindan, Wakil Direktur Utama ANJ, hadir secara online dan menyampaikan bahwa kehadiran SMM mulai dari tahun 1990 hingga saat ini telah dapat memberikan kontribusi dalam hal pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat sekitar, terutama dalam penyerapan tenaga kerja. Hal ini terbukti dengan terbentuknya kemitraan dengan masyarakat melalui Koperasi.

"Kami ucapkan terima kasih untuk capaian yang sudah diraih oleh SMM sampai dengan saat ini. Tentunya, capaian ini tidak lepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah daerah Belitung Timur, sehingga kami bersemangat dan termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat Belitung Timur," tutup Geetha.

Acara penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan juga disaksikan secara langsung oleh Bupati Belitung Timur, Drs. Burhanudin. Dalam kesempatan tersebut Bupati Belitung Timur mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi pembagian premi sawit berkelanjutan kepada lima koperasi mitra SMM. Untuk itu beliau meminta para petani sawit agar dapat terus berkomitmen menjaga kemitraan yang telah terjalin ini dengan sebaik mungkin.

“Ini merupakan berkah di bulan Ramadan untuk para petani sawit, maka dari itu kepada para petani bangunlah komitmen yang baik dan jaga komitmen. Jangan pernah terpancing bujuk rayu, jangan sampai gara–gara harga yang ditawarkan pihak lain, kalian keluar dari komitmen. Selain itu, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian akan terus berkomitmen membantu jika ada permasalahan petani yang bermasalah dengan status lahan perkebunan saat menanam sawit. Hal ini dikarenakan di tempat lain, masih ada petani yang menanam sawit di kawasan hutan, ini bakal jadi masalah. Sebaiknya transparan agar pemerintah dapat memberikan solusi,” ujar Burhanudin.

Selain dihadiri oleh Bupati Belitung Timur, penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan juga dihadiri oleh Heryanto selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Marlina selaku Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi, dan UKM yang diwakili oleh Usman Gumanti selaku Kepala Bidang Koperasi, serta Camat dan Kepala Desa.

 

Other Articles

SMM SAMBUT PESERTA LASKAR REMPAH MENJELAJAHI HUTAN MAKAM BALOK, BELTIM
14 Jun 2024

Belitung Timur – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) di Belitung, kedatangan para peserta Laskar Rempah Batch I Lada Putih pada 11 Juni yang lalu. Kunjungan ini merupakan bagian dari program Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

KAL TERIMA SERTIFIKAT PROPER HIJAU DARI GUBERNUR KALIMANTAN BARAT
13 Jun 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat baru-baru ini menerima sertifikat PROPER Hijau tahun 2022/2023. Sertifikat tersebut diberikan oleh Harry Ronaldi Mahaputrawan, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kalimantan Barat perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat kepada Supriatin sebagai perwakilan dari KAL di Aula Garuda Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada 6 Juni yang lalu.

GRUP ANJ DI SORONG SELATAN BERKOMITMEN LINDUNGI PEKERJA PEREMPUAN DAN ANAK DALAM MENJALANKAN KEGIATAN OPERASIONALNYA
12 Jun 2024

Jayapura – PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT Permata Putera Mandiri (PPM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya berkomitmen melindungi pekerja perempuan dan anak. Hal ini diungkapkan dalam Seminar dan Workshop yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Papua dengan tajuk “Promosi Sawit Indonesia Ramah Anak di Papua”, yang dilaksanakan di Jayapura pada 5-6 Juni 2024 yang lalu.